Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kecamatan Sungai Bahar

 


Kecamatan Sungai Bahar  merupakan salah satu dari 11 kecamatan yang ada dalam wilayah Kabupaten Muaro Jambi. Kecamatan Sungai Bahar dengan topografi dataran, memiliki luas wilayah ± 156,30 Km2. Kecamatan Sungai Bahar terletak di 1°59’53.2752” Lintang Selatan dan 103°26’35.9484 Bujur Timur.

batas-batas wilayah Kecamatan Sungaibahar adalah :

Utara : Kecamatan Bahar Utara dan Kecamatan Mestong

Timur : Propinsi Sumatra Selatan

Selatan : Kecamatan Bahar Selatan

Barat : Kabupaten Batanghari  

Kecamatan Sungai Bahar Saat ini dipimpin oleh Camat Agus Riyadi, S.T Seorang Putra Daerah Sungai Bahar. Wilayah Pemerintahan Kecamatan Sungai Bahar terdiri dari 11 desa, 28 dusun dan 135 RT.

Desa/kelurahan yang berada di wilayah KecamatanSungai Bahar adalah :

1. Tanjung Harapan

2. Marga Manunggal Jaya

3. Bukit Mas

4. Panca Bakti

5. Bukit Makmur

6. Suka Makmur

7. Marga Mulya

8. Berkah

9. Panca Mulya

10. Mekar Sari Makmur

11. Bhakti Mulia

Pusat pemerintahan Kecamatan Sungai Bahar terletak di Desa Marga. Jarak pusat pemerintahan Kecamatan Sungai Bahar ke Ibukota kabupaten kurang lebih 135 Km.

Penduduk Kecamatan Sungai Bahar tahun 2020 tercatat sebanyak 28.359 jiwa yang terdiri dari penduduk laki-laki 14.672 jiwa dan penduduk perempuan 13.687 jiwa. Perbandingan penduduk laki-laki dan penduduk perempuan (sex ratio) adalah 107,76 yang berarti bahwa penduduk laki-laki lebih banyak dari penduduk perempuan atau dari 108 jiwa penduduk laki terdapat 100 jiwa perempuan.

Jika dilihat dari kepadatan penduduk, pada tahun 2020 rata-rata kepadatan penduduk Kecamatan Sungai Bahar adalah 181,44 jiwa per km2. Kepadatan penduduk tertinggi di Desa Suka Makmur  adalah 408 jiwa per km2. 

FAsilitas Pendidikan Di Kecamatan Sungai Bahar cukup lengkap terdapat 19 Sekolah Dasar negeri, 2 Madrasah Ibtidayah (MI), 6 SMP negeri, 2 SMP swasta, 1 Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri, 2 Madrasah Tsanawiyah (MTs) Swasta, 1 SMA Negeri, 1 SMA awasta, 1 Madrasah Aliyah (MA) Swasta, dan 3 SMK negeri.

Untuk Kesehatan Sarana kesehatan yang ada di Kecamatan Sungai Bahar antara lain 1 rumah sakit umum, 2 Poliklinik, 2 puskesmas Tanpa Rawat Inap, dan 9 Apotek. 3. Agama dan Sosial Lainnya Di Kecamatan Sungai Bahar terdapat 10 Mesjid, 137 Mushola, 13 Gereja Protestan, dan 3 Gereja Khatolik.

Pertanian Kelompok sayur-sayuran yang banyak ditemukan di Kecamatan Sungai Bahar antara lain: kacang panjang, cabai besar, terung, ketimun, dan lain-lain. Selain itu, ada pula tanaman biofarmaka, atau sering disebut tanaman obat.

Sebagian besar lahan pertanian di Kecamatan Sungai Bahar digunakan untuk perkebunan yang luasnya mencapai 26.554 hektar. Area ini lebih banyak digunakan untuk perkebunan karet dan kelapa sawit. Peternakan di Kecamatan Sungai Bahar meliputi populasi ternak besar, ternak kecil, dan unggas. Sapi potong merupakan salah satu jenis ternak besar yang paling banyak ditemui.

 

Kecamatan adalah sebuah wilayah pembagian area administratif negara di bawah Kabupaten atau Kota madya. Sebuah kecamatan dikepalai oleh seorang camat dan dibagi kepada beberapa desa. Camat adalah Perpanjangan tangan Bupati untuk menjalankan Roda Pemerintahan kabupaten atau Kota untuk Kota Madya dan memberikan pelayanan kepada masyarakat desa di tingkat Kecamatan.

 

Referensi/Sumber:  https://muarojambikab,bps.go.id/

                             https://id.wikipedia.org/wiki/Kecamatan

                  

Posting Komentar untuk "Kecamatan Sungai Bahar"