Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kecamatan Bahar Utara

 

FOTO: halaman fb kecamatan bahar utara

Bahar Utara merupakan kecamatan yang ada dalam wilayah Kabupaten Muaro Jambi, bagian dari pemekaran wilayah sungai bahar, saat ini Kecamatan Bahar Utara  dipimpin Oleh Camat Samdiya, S.Pd.

Kecamatan Bahar Utara terletak di 1°53’25.7604” Lintang Selatan dan 103°21’54.3744” Bujur Timur, dengan luas wilayah ± 112,87 Km2. Adapun batas-batas wilayah bahar utara adalah :

Utara : Kabupaten Batang Hari

Timur : Kecamatan Mestong

Selatan : Kecamatan SungaiBahar

Barat : Kabupaten Batang Hari

Wilayah Pemerintahan Kecamatan Bahar Utara terdiri dari 11 desa, 27 dusun dan 119 RT. Desa/kelurahan yang berada di wilayah Kecamatan Bahar Utara adalah :

1. Sungai Dayo

2. Bukit Mulya

3. Matra Manunggal

4. Pinang Tinggi

5. Bahar Mulya

6. Sumber Jaya

7. Mulya Jaya

8. Sumber Mulia

9. Bukit Talang

10. Talang Datar

11. Penandaan

Pusat pemerintahan Kecamatan Bahar Utara terletak di Talang Datar.

Jumlah Penduduk Kecamatan Bahar Utara tahun 2020 tercatat sebanyak 13.228 jiwa yang terdiri dari penduduk laki-laki 6.850 jiwa dan penduduk perempuan 6.378 jiwa.

Mayoritas Penduduk Bahar Utara Sebagian besar berprofesi sebagai petani sawit sehingga lahan pertanian di Kecamatan Bahar Utara, banyak digunakn untuk perkebunan yang luasnya mencapai 8.084 hektar. Area ini lebih banyak digunakan untuk perkebunan kelapa sawit. Sementara di sector Peternakan di Kecamatan Bahar Utara Sapi potong merupakan salah satu jenis ternak besar yang paling banyak ditemui di Kecamatan Bahar Utara, karena tersedianya jumlah pakan rumput disekitar lahan sawit sehingga memudahkan peternak untuk mencari pakan.

Di  Bahar Utara terdapat 19 Sekolah Dasar negeri,2 Madrasah Ibtidayah (MI) 6 SMP negeri, 2 SMP swasta, 1 Madrasah Tsanawiyah (mts) Negeri, 2 Madrasah Tsanawiyah (mts) Swasta, 1 SMA Negeri, 1 SMA Swasta, 1 Madrasah Aliyah (MA) Swasta, dan 3 SMK negeri. Hal ini cukup memudahkan masyarakat dalam mengakses pendidikan karna fasilitas yang cukup lengkap.


Referensi :

https://muarojambikab.bps.go.id/

 

Posting Komentar untuk "Kecamatan Bahar Utara"