Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Desa Suka Makmur Sungai Bahar 1

Desa suka makmur adalah desa pertama yang disinggahi oleh rombongan transmigrasi di sungai bahar yaitu pada  desember 1985, dahulu lokasi desa ini masih banyak dijumpai hutan belantara.

Sumber foto Fb : pemerintah desa suka makmur

Transmigrasi kloter pertama pada desember 1985 itu memberangkatkan 250 kepala keluarga (kk). Sebanyak 89 kk di antaranya berasal dari jawa timur..

Para transmigran saat itu diberikan rumah, kebun sawit dan lahan pangan. Satu kk diberikan lahan pekarangan dan rumah seluas seperempat hektare, lahan pangan tiga perempat hectare dan kebun sawit yang sudah ditanam seluas dua hektare. Para trasmigran juga diberikan makanan berupa  beras, ikan asin, garam, gula,minyak sayur dan lain sebagainya untuk mencukupi kebutuhannya.

Dikarnakan mayoritas  pendatang yang ikut transmigrasi berasal dari jawa maka tidak heran sampai saat ini desa suka makmur masih didominasi keturunan suku jawa,meski kini sudah banyak juga pendatang dari berbagai macam suku terutama suku batak dan padang, ,tetapi mereka hidup rukun damai tanpa ada perbedaan. Bahkan sudah banyak dari mereka terikat tali pernikahan sehingga keturunannya berdarah campuran.

Saat ini desa suka makmur mengalami perubahan yang sangat pesat disemua bidang, kini jalan-jalan sudah diaspal, rumah-rumah penduduk yang dahulu terbuat dari papan kini berubah menjadi rumah-rumah beton, pusat pertokoan dan pasar tersedia, jaringan komunikasi dan akses jalan kendaraan lancar.

Pasar Tradisional Desa Suka Makmur 

Sebelum masuk wilayah administratif kabupaten muaro jambi, desa suka makmur  merupakan bagian dari kabupaten batanghari. Kini desa suka makmur masuk dalam kecamatan sungai bahar, kabupaten muaro jambi, provinsi jambi.

 

Posting Komentar untuk "Desa Suka Makmur Sungai Bahar 1"